4 Okt 2012

Peregangan (streaching) Otot sebelum Olahraga


Latihan peregangan wajib dilakukan setiap melakukan olahraga. Sebenarnya, peregangan adalah bagian penting dari setiap pelatihan atau olahraga. Harus dilakukan terlebih dahulu sebelum apa-apa lagi. Meregangkan tubuh dan anggota badan adalah persiapan yang baik untuk kegiatan yang lebih ketat.

Kebanyakan atlet akan melakukan duduk dan mencapai, di mana posisi mereka di lantai, kaki dan memperluas jangkauan ujung kaki mereka dengan ujung tangan mereka. Sebenarnya, kebanyakan pelatih benar-benar membutuhkan atlet mereka untuk benar-benar melakukan peregangan sebelum bermain.

 Sebenarnya ada yang ideal dalam jangka waktu peregangan. Cara terbaik adalah melakukannya dalam 10 menit. Ini akan memberikan kesempatan yang cukup tubuh untuk bergerak dan melenturkan otot-otot, sehingga menyiapkannya untuk lebih rumit dan gerakan berat.

Namun para ahli akan kerutan pada cara akan lebih dari 10 menit. Stretching the exercise to 30 minutes or more will already wear out the body. Tips kesehatan ini tidak akan menguntungkan jika ada yang mempersiapkan untuk permainan.

Manfaat dari pereganan (treaching)tersebut adalah :

1. Meningkatkan Range Gerakan
Sebagai salah satu terus-menerus melakukan latihan peregangan, panjang otot dan tendon juga meningkat. Ini akan membantu dalam meningkatkan jangkauan gerakan Anda. Dengan demikian, tungkai dan sendi akan mampu bergerak, jauh sebelum cedera yang dapat terjadi. Anda pasti sehat secara fisik.


2. Peningkatan Kemampuan Keterampilan Tampil
Bila Anda memiliki berbagai gerakan, semakin Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal. Sebagai contoh, Anda bisa melompat tinggi tanpa merasa sakit ketika Anda mendarat kembali di lantai. Ini juga akan membantu Anda memulai olahraga baru atau memperbaiki lebih jika Anda berada dalam satu. Peregangan dalam aspek ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki gaya hidup yang lebih aktif.

3. Pencegahan Cidera
Satu dapat mencegah cedera pada sendi, tendon dan otot dengan peregangan. Ketika otot dan tendon tertekuk dengan baik, mereka dianggap dalam urutan kerja yang baik. Ini akan membantu dalam pemulihan lebih cepat dan penurunan rasa sakit. Otot-otot tubuh akan mampu mengambil lebih melelahkan dan gerakan ketat dengan probabilitas kurang terluka.

4. Mengurangi Ketegangan otot
Jika otot diberikan reguler mereka latihan dan peregangan, sangat kecil kemungkinannya bahwa mereka akan kontrak. Ini akan membebaskan Anda dari segala sakit otot atau masalah.

5. Meningkatkan Energi
Mampu bergerak lebih banyak juga akan memberi Anda lebih banyak energi. Peregangan juga akan membantu meningkatkan kesadaran Anda, seperti mengetahui bahwa Anda memiliki tubuh yang mampu melakukan banyak hal. Dengan demikian, Anda akan lebih terdorong untuk bergerak daripada merajuk di sudut.

6. Mengurangi Kolesterol
Penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan latihan peregangan yang berkepanjangan, seperti yoga, akan membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Ini tentu saja harus dilakukan dengan pola makan yang sehat di tangan. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan pembuluh darah, yang memungkinkan Anda untuk menghindari penyakit jantung.


0 komentar:

Poskan Komentar

ANDA KEPINGIN BELI BUKU ? LANGSUNG KLIK GAMBAR DI BAWAH INI

Toko Buku Online Terlengkap